Sayembara Arsitektur USU

Sayembara Proyek Desain Mihrab Masjid Al-Musannif

PENGANTAR. Masjid merupakan bangunan fasilitas ibadah yang penting, yang secara harfiah memiliki arti “tempat beribadah” bagi umat Islam.  Masjid maupun mushalla secara tipologi terdapat ceruk atau ruangan kecil pada dinding depannya yang dinamakan mihrab. Mihrab berfungsi sebagai tempat Imam memimpin sholat berjama’ah. Fungsi penting lainnya adalah mengindikasikan arah kiblat ke Ka’bah atau penunjuk arah bagi Muslim untuk menghadapkan wajahnya ketika beribadah. Jika seseorang memasuki masjid, maka mihrab terdapat di depan, tepat di tengah dinding, berupa cerukan yang umumnya dihiasi dengan ornamen-ornamen dan terkadang terdapat dua kolom arsitektural di kiri dan kanannya.

Menurut Ensiklopedia Islam, kata mihrab disebut lima kali dalam Al Qur’an, empat kali dalam bentuk tunggal dan satu kali dalam bentuk jamak, yaitu pada surah Ali Imran ayat 37 dan 39, surah Maryam ayat 11, surah Shaad ayat 21dan surah Saba’ ayat 13. Mihrab menurut sebagian pendapat ulama diartikan sebagai tempat untuk memerangi setan dan hawa nafsu.

Kedudukan mihrab sangat penting dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masjid maupun mushalla, sehingga umumnya didekorasi dengan ornamen-ornamen geometris, pola linear ataupun kaligrafi yang mengandung nilai dan makna Islami. Secara tipologi, mihrab juga dapat diidentifikasi cukup berbeda atau cukup menonjol dari segi ornamen dan hiasan ruang dalam masjid sehingga dapat dikenali dengan cepat oleh siapa saja yang masuk ke dalam masjid. 

Kondisi existing ruang mihrab Masjid Al-Musannif terutama dinding dalam dirasakan kurang representatif akibat kurangnya ornamen ataupun detail-detail arsitektural. Oleh karena itu, Yayasan Haji Anif bekerja sama dengan Departemen Arsitektur USU, Program Studi Profesi Arsitek USU, Program Studi Magister Teknik Arsitektur USU dan Program Studi Doktor Ilmu Arsitektur dan Perkotaan Arsitektur USU, menyelenggarakan sayembara ini agar mendapatkan desain dengan karakter interior Masjid Al-Musannif yang kuat, yang akan diterapkan pada mihrab tersebut, serta merestorasi nilai/kesan kedudukan mihrab yang tinggi.  

Copyright © 2021 Sayembara Arsitektur USU